4 Contoh Game Teamwork Sederhana Indoor

4 Contoh Game Teamwork Sederhana Indoor

4 Contoh Game Teamwork Sederhana Indoor

 

Membangun kekompakan dan kinerja tim bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dalam kondisi apa saja. Ada banyak permainan yang tetap seru dan mengasyikkan, dan Anda tidak harus selalu pergi ke lapangan terbuka. Game teamwork sederhana di dalam ruangan bisa dimainkan di jam istirahat kerja, atau ketika menutup kegiatan outbound jelang istirahat.

4 Contoh Game Teamwork Sederhana Indoor

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kami ingin menekankan pentingnya teamwork untuk mendukung pencapaian target tim atau perusahaan. Semangat dan kerja sama antar karyawan harus selalu diasah, dilatih, dan dipelihara, melalui berbagai treatment dan kegiatan yang menyenangkan. Jadi Anda sebaiknya tak perlu segan untuk menyelenggarakan game teamwork sederhana di kala senggang.

Lantas apa saja jenis permainan yang bisa dilakukan di dalam ruangan, tapi tetap seru dan efektif dalam misi membangun teamwork? Berikut ini uraiannya untuk Anda.

Kapal Titanic

Media untuk game teamwork sederhana yang satu ini hanya perlu menggunakan beberapa lembar koran. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya mereka harus berperan seolah-olah sedang berada di atas kapal di tengan lautan, dengan kondisi kapal yang hampir karam. Seperti di film Titanic, mereka harus menyelamatkan diri dengan “naik kapal” dan pastikan semua orang bisa naik sekoci yang tersedia.

Instruktur akan membentangkan koran. Aba-aba “Naik Sekoci” menandakan semua kelompok harus berusaha agar naik ke atas koran dengan space yang terbatas. Setiap kelompok harus mengatur strategi agar semua anggotanya bisa naik dengan posisi yang nyaman tanpa ada yang tertinggal atau jatuh. Ketika instruktur mengucap “Kapal Sampai”, artinya semua yang sudah naik ke atas koran harus turun.

Game akan semakin seru ketika instruktur melipat koran menjadi ukuran yang lebih kecil. Kelompok yang menang adalah mereka yang bisa memasukkan semua anggotanya ke dalam sekoci koran tanpa terjatuh hingga aba-aba “Kapal sampai” dikumandangkan. Cara ini sangat baik untuk melatih sikap kepedulian dan saling percaya di antara semua karyawan. 

Membuat Yel-yel

Game ini termasuk dinamis karena bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan. Yel-yel merupakan semacam lagu pendek yang ditampilkan suatu kelompok, terkadang dengan teriakan, serta mengusung jargon menarik atas nama tim. Yel-yel sangat efektif untuk mengobarkan semangat, menunjukkan kekompakan, serta efektif untuk sesi ice breaking.

Permainan bisa dimulai dengan membagi peserta outbound ke dalam beberapa kelompok. Selanjutnya, setiap kelompok diberi waktu selama beberapa menit untuk membuat yel-yel secara spontan dan eksklusif. Permainan ini sangat efektif untuk teamwork, karena mendukung kekompakan dan memicu kreativitas karyawan dalam mencapai misi tertentu.

Tebak Kata

Permainan ini tidak membutuhkan media apapun, sebab Anda hanya perlu menebak satu kata agar bisa menjadi pemenangnya. Instruktur akan mengambil satu orang dari anggota grup, lalu membisikan kata tertentu. Ia lantas harus menggunakan isyarat tubuh Agar anggota kelompoknya bisa menebak kata yang ia maksud.

Data Procesing

Game teamwork sederhana, bahkan nyaris tak berbiaya dan tak perlu menggunakan media apapun, adalah game Barisan Manusia. Di sini, setiap kelompok harus membuat barisan ke belakang. Barisan-barisan tersebut harus diubah sesuai instruksi, berdasarkan kategori tertentu. Misalnya, instruksi “Rambut Paling Pendek” membuat setiap anggota harus mengubah barisan tersebut di mana yang rambutnya paling pendek berada di posisi paling depan, dan yang rambut panjang paling belakang.

Selain contoh-contoh di atas, masih banyak lagi rekomendasi game teamwork sederhana yang bisa dimainkan di dalam ruangan maupun luar ruangan. Yang terpenting, setiap peserta harus mau berpartisipasi, agar tujuan dari game tercapai, yakni meningkatkan kekompakan dan kerja sama di antara para karyawan.

Komentar

Belum Ada Komentar