4 Materi Outbound Training yang Bagus untuk Meningkatkan Skill Karyawan

4 Materi Outbound Training yang Bagus untuk Meningkatkan Skill Karyawan

4 Materi Outbound Training yang Bagus untuk Meningkatkan Skill Karyawan

 

Materi outbound training seharusnya tidak hanya menghibur dan mengesankan, tapi juga bisa berdampak positif bagi peningkatan kinerja tim atau karyawan secara keseluruhan. Karena itulah, pihak penyelenggara seharusnya selektif memilih mitra event organizer, atau jasa outbound yang memang sudah memiliki reputasi dan rekam jejak yang bagus.

Seperti diketahui, kegiatan outing tentu saja menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Agenda ini bisa menjadi ajang refreshing bagi para pekerja, sekaligus sarana melepas penat sejenak dari rutinitas dan tekanan kerja yang mungkin terasa berat. Employee gathering juga merupakan kewajiban perusahaan, dan harus selalu menjadi bagian dalam tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Materi Outbound Training yang Bagus untuk Meningkatkan Skill Karyawan

Di antara berbagai tawaran kerja sama penyelenggaraan outing yang datang ke perusahaan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian penting. Salah satunya adalah memastikan materi outbound training berkualitas dan tersampaikan dengan baik. Berikut ini contoh materi yang idealnya ada pada setiap program outbound.

Ice Breaking

Agenda outbound biasanya dimulai dengan melakukan perjalanan panjang dari kawasan perkotaan, ke area wisata alam di gunung maupun pantai. Ini tentu saja akan membuat peserta kelelahan dan suntuk, sesampainya di lokasi wisata. Ice breaking merupakan teri outbound penting yang harus disajikan, agar suasana kembali santai dan cair.

Pada sesi ini, pemandu atau instruktur biasanya akan meminta para peserta untuk memperkenalkan diri dengan cara-cara yang unik, atau menyapa dan mengenal karakter peserta dengan permainan yang ringan. Keberhasilan sesi ice breaking akan memicu semangat peserta untuk mengikuti game-game seru yang selanjutnya.

img-1667446498.jpg

Komunikasi yang Interaktif

Apapun jenis game yang dimainkan, komunikasi merupakan unsur penting yang harus menjadi materi wajib dalam outbound training. Peserta akan dikelompokkan ke dalam grup besar maupun kecil, dan mereka bisa didorong untuk saling berinteraksi, kerja sama, dan menggagas hal-hal kreatif agar menjadi juara.’

Pemandu yang baik juga tidak akan membiarkan ada seseorang atau sekelompok peserta yang merasa terabaikan. Ketika ada yang diam dan berpangku tangan, seharusnya ini menjadi koreksi dari pemandu agar bisa membawakan acara lebih menarik untuk membuat semua orang antusias.

img-1667446518.jpg

Team Building

Materi outbound training yang satu ini penting untuk melatih kesadaran peserta dalam bekerja sama di dalam organisasi secara optimal. Sikap saling mendukung, pembagian tugas yang setara, serta koordinasi dari ketua kelompok kepada anggotanya harus dikawal agar berlangsung secara aktif dan optimal. Setiap kelompok juga harus selalu dimotivasi agar mau peduli dan bekerja sama untuk memecahkan masalah dan mencapai target sebagai pemenang.

img-1667446551.jpg

Strategi Problem Solving

Jenis permainan tertentu mendorong para peserta untuk menyelesaikan masalah yang disuguhkan dengan pemikiran yang kreatif dan out of the box. Selain menyenangkan, permainan semacam ini bisa melatih soft skill peserta untuk turut memberikan aksi nyata yang solutif bagi setiap permasalahan yang dihadapi perusahaan.

Setelah menegaskan tentang materi wajib dalam kegiatan outbound, Anda bisa berdiskusi tentang game apa saja yang ingin dimainkan, bagaimana kesiapan propertinya, serta perhitungan biayanya. Jangan pula mengabaikan perencanaan untuk konsumsi dan tempat istirahat yang memadai.

img-1667446566.jpg

Yang terpenting, agenda outbound seharusnya bisa memberikan kesan yang baik untuk peserta, dan mereka tetap terdorong untuk melatih hard skill dan soft skillnya dengan cara-cara yang menyenangkan. Pada akhirnya, semoga penyelenggaraan kegiatan bisa dibarengi dengan pemberian materi outbound training yang ideal dan optimal.

Komentar

Belum Ada Komentar