Rekomendasi Fun Games Team Building untuk Employee Gathering

Rekomendasi Fun Games Team Building untuk Employee Gathering

Rekomendasi Fun Games Team Building untuk Employee Gathering

 

Menjaga semangat dan meningkatkan kinerja karyawan harus selalu diupayakan. Salah satunya dengan menyelenggarakan agenda outbound yang disisipi kegiatan fun games team building. Secara teknis, Anda mengajak seluruh karyawan untuk outing ke tempat wisata tertentu. Rombongan tak hanya berwisata, tapi juga berpartisipasi dalam serangkaian aktivitas seru. Setelah kegiatan refreshing usai, para peserta diharapkan kembali bersemangat, bahkan lebih kompak dalam bekerja dan mendukung pencapaian target perusahaan.

Untuk menjamin kesuksesan acara, kebanyakan perusahaan memutuskan untuk bekerja sama dengan pihak ketiga. Mereka akan mengambil paket fun games team building dan menyerahkan pengelolaan outbound kepada perusahaan jasa event organizer tertentu.

Rekomendasi Fun Games Team Building

Sebelum benar-benar bermitra dalam penyelenggaraan employee gathering, biasanya akan dilakukan proses konsultasi dan negosiasi, agar apa yang diinginkan perusahaan bisa diterjemahkan lebih lanjut oleh pengelola acara dalam bentuk jadwal kegiatan yang terperinci.

Anda juga akan diajak berdiskusi untuk memilih game apa saja yang nantinya akan dimainkan. Jika tujuan utama Anda adalah untuk team building, berikut ini beberapa jenis permainan dalam outbound yang paling direkomendasikan.

Menulis dengan Benang

Mula-mula rombongan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok bertugas menuliskan kata tertentu menggunakan pulpen. Uniknya, tidak ada yang boleh memegang langsung pena. Gagang dan ujung pena diikat dengan benang dan setiap peserta memegang ujungnya. Semua anggota tim bekerja sama untuk menarik ulur pena agar tertulis kata tertentu di kertas. Tim yang berhasil menulis kata tertentu dengan jelas dan bagus akan menjadi pemenangnya.

Selama permainan berlangsung setiap anggota tim tidak boleh berinteraksi secara verbal ataupun memberikan instruksi apapun. Jika instruktur bisa memandu jalannya permainan dengan benar, setiap tim akan terdorong untuk lebih kreatif dan komunikatif untuk mencapai tujuan tertentu. Game ini juga cukup menghibur, terutama ketika melihat hasil akhir tulisan yang unik.


Menuntun Si ‘Buta’

Setiap kelompok memilih satu orang untuk ditutup matanya, lalu anggota lainnya akan bekerja sama mengarahkan "si buta" ke arah yang benar menuju garis finish. Anggota kelompok lain bisa mengganggu dengan memberikan perintah yang salah, atau mengacaukan sumber suara. Game yang bisa dilakukan di dalam maupun luar ruangan ini bisa melatih para karyawan untuk percaya satu sama lain dan fokus dengan tugas masing-masing.

Game Bertukar Peran

Peserta membuat lingkaran untuk memilih peran. Misalnya, peserta A yang sehari-harinya berada di divisi pemasaran akan memainkan peran sebagai cleaning service. Sebaliknya, petugas kebersihan akan berperan di posisi sebagai manajer keuangan. Setiap orang sepakat untuk bertukar peran dan menggagas suatu target tertentu yang sudah ditentukan oleh instruktur. Game ini cukup menghibur dan melatih sikap peka, saling pengertian dan empati di antara sesama karyawan.

Deskripsi Gambar dengan Isyarat

Instruktur akan mulai dengan menyiapkan beberapa kartu yang akan dipilih secara random oleh salah satu peserta. Selanjutnya, pemilik kartu menyembunyikan kartu, tapi ia harus mendeskripsikan gambar tersebut kepada anggota kelompoknya, tanpa kata-kata. Anggota kelompok harus berusaha menebak isyarat yang disampaikan dan akan mendapatkan poin jika tebakan benar. Fun games team building yang satu ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa pengertian dan kebersamaan.

Sebenarnya masih banyak lagi fun games team building yang seru dan paling direkomendasikan. Anda bahkan bisa memilih paket game inflatable yang saat ini sedang nge-trend. Silakan berkoordinasi dengan panitia atau perusahaan jasa outbound yang Anda pilih, sehingga rangkaian acara employee gathering berlangsung sukses dan semarak.

Komentar

Belum Ada Komentar