Rekomendasi Jenis Outbound Training untuk Employee Gathering

Rekomendasi Jenis Outbound Training untuk Employee Gathering

Rekomendasi Jenis Outbound Training untuk Employee Gathering

 

Setiap organisasi, lembaga atau perusahaan sebaiknya memilih jenis outbound training secara selektif. Tujuannya agar agenda refreshing tersebut bisa berpengaruh pada peningkatan semangat dan kinerja, atau tujuan positif lainnya. Pemilihan jenis outbound bisa disesuaikan dengan karakter perusahaan serta kondisi peserta secara keseluruhan.

Meski kerap dipandang sepele, penyelenggaraan outbound sebaiknya juga diiringi dengan sejumlah perencanaan yang baik. Koordinasi dengan perusahaan jasa event organizer juga penting agar kegiatan berlangsung seru dan meninggalkan kesan positif bagi seluruh peserta. Kegiatan semacam ini akan menguras waktu dan biaya. Jadi, seriuslah dalam merencanakannya.

img-1667444968.jpg

Apa Itu Outbound Training?

Sebelum membahas tentang jenis outbound training, sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu pengertian outbound training. Secara umum, ini merupakan aktivitas yang dilakukan di alam terbuka maupun tertutup, dengan rangkaian kegiatan berupa permainan kreatif untuk melatih gerakan, intelegensi, mental, maupun spiritual.

Penyelenggaraan outbound training tidak hanya sekadar untuk refreshing semata. Perusahaan atau organisasi biasanya mewajibkan agenda semacam ini di momen atau hari-hari tertentu, untuk meningkatkan semangat kerja yang mulai lesu, serta menyeimbangkan tekanan kerja dengan serangkaian kegiatan relaksasi yang seru.

img-1667445277.jpg


Jenis-jenis Outbound Training

Ketika menjalin kerja sama dengan jasa penyelenggaraan acara, Anda mungkin akan dihadapkan pada penawaran pilihan jenis outbound yang ingin diterapkan, lengkap dengan paket kegiatannya. Berdasarkan tujuannya, outbound jenis ini dibagi menjadi beberapa jenis, sebagai berikut.

Outbound Pengembangan Diri

Setiap peserta didorong untuk mengenali dan menegaskan potensi diri, sesuai dengan bidang atau posisi mereka di perusahaan atau organisasi. Rangkaian kegiatan dan permainan bertujuan utama untuk membangun kekuatan personal sebagai dasar kerja sama yang kompak di antara semua divisi.

img-1667445295.jpg

Outbound Building Team

Game yang direkomendasikan biasanya berupa permainan secara kelompok, menggunakan media tertentu, misalnya outbound inflatable atau yang lainnya. Setiap kelompok diberi tugas untuk menyelesaikan misi tertentu, sehingga mereka terlatih dalam menjalin kerja sama yang efektif. Setiap tim juga didorong untuk bersungguh-sungguh dan menerapkan strategi khusus untuk menegaskan mental juara.

Outbound Kreatif

Tujuan dari outbound jenis ini adalah mendorong personal maupun tim agar terlatih menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat, serta mendorong cara berpikir yang kreatif. Panitia akan menyuguhkan masalah tertentu, dan penyelesaiannya harus menggunakan pemikiran dan strategi yang out of the box.

Peserta yang terlatih dan kreatif pada akhirnya akan menguntungkan organisasi maupun perusahaan. Sebab, sumber daya manusia akan lebih berguna ketika semangat untuk berpikir kreatif dan inovatif tumbuh dan terjaga. Pada akhirnya, ini akan berpengaruh positif terhadap serangkaian target yang sudah ditetapkan perusahaan.

Selektif memilih penyelenggara jasa outbound sangat penting agar Anda bisa menyesuaikan tujuan kegiatan dengan jenis outbound training yang dipilih. Perusahaan yang bagus biasanya akan memberikan keterangan lengkap seputar jenis kegiatan dan permainan yang bisa dipilih, serta transparan dengan kelengkapan atribut permainan.

Perusahaan jasa tertentu bahkan menguraikan jenis outbound training secara lebih spesifik dalam kemasan permainan tematik. Dalam praktiknya, klien punya keleluasaan untuk memilih jenis permainan, mendapatkan rekomendasi dan jadwal kegiatan secara terperinci, serta bisa memilih paket harga yang paling sesuai dengan budget yang tersedia.

img-1667444944.jpg

Pemilihan lokasi menjadi satu hal penting lainnya, ketika sedang bernegosiasi untuk penyelenggaraan outbound training. Anda bisa memilih kegiatan di luar maupun dalam ruangan, menyesuaikan dengan jenis outbound yang dipilih. Tapi biasanya kegiatan outdoor lebih disukai, terutama untuk employee gathering, karena bisa memberikan efek refreshing yang lebih maksimal.

Komentar

Belum Ada Komentar